Peranan Penting Data Science dalam Pemerintahan

Data Science adalah bidang yang mempelajari proses pengolahan data. Mulai dari penggalian hingga persentasi datanya. Tujuan utamanya adalah untuk mengubah data menjadi informasi yang bermanfaat. Data science merupakan ilmu yang menggabungkan sebuah kemahiran di bidang ilmu tertentu dengan keahlian pemograman, matematik dan statistik. Data yang dikelolah di tingkat perusahaan bisa dibilang cukup besar. Selain itu, terdpaat satu tingkat diatas level perusahaan yang bermain data yang lebih besar yaitu tingkat pemerintahan.

Maka dari itu, bagaimana dengan peranan data science di sistem pemerintahan dalam meningkatkan kinerja? Beriku ini merupakan beberapa peranan data science dalam sistem pemerintahan

1. Meningkatkan Kinerja dengan Data Science di Pemerintahan

Pada sistem pemerintahan terdapat banyak sekali data yang harus diolah, dengan menerapkan keilmuan data science di sistem pemerintahan tidak lagi harus melakukan pekerjaan secara manual. Pemerintah bisa mendapatkan informasi dengan efisien dan akurat dalam menentukan kebijakan yang sesuai. Pemerintah juga bisa memanfaatkan Analisa data untuk mendapatkan solusi yang optimal untuk memecahkan masalah pembagian dana antar departemen. Pihak pemerintah dapat memprediksi dan meramlakan kisaran budget per departemennya dengan akurat.

2. Data science pemerintahan dengan cyberattascks

Pada era digital sekarang, cybersecurity menjadi salah satu masalah terbesar bagi pemerintah. Pemerintah akan mengumpulkan data dan menganalisanya sehingga dapat mengambil keputusan. Banyaknya data dan pentingnya data tersebut di dalam sistem pemerintahan, maka akan timbul cyber crime atau pencurian data yang akan mencoba mengekstrak data tersebut secara illegal untuk kepentingan pribadi atau untuk dijual dengan jumlah uang banyak. Oleh karena itu, data science di sistem pemerintahan dengan metode machine learning tertentu digunakan untuk memantau dan mencari trend dan pattern dalam operais yang melibatkan data yang sensitif. sistem ini dapat memantau pengguna dan perangkatan dalam jaringan dan akan menandai Tindakan yang mencurigakan.

3. Meningkatkan pendapatan negara

Tidak hanya untuk pengamanan cyber dan Tindakan criminal saja, tetapi data science juga sangat membantu pemerintah untuk meningkatan pendapatan negara. Penggunaan data science sering digunakan di berbagai macam sector seperti infrastruktur, parawisata, pertanian, perdagangan.

  • Infrastruktur

          Dalam sebuah proyek konstruksi jalan tol sebagai contoh, pihak pemerintah dapat menggunakan Data Science untuk menganalisa dan mengatasi resiko demi kesuksesan   proyeknya.

  • Pariwisata

          Implementasi Data Science membantu perusahaan untuk melakukan mapping untuk mencari lokasi yang tepat untuk turis, dan juga menentukan strategi marketing yang tepat untuk segmentasi grup yang berbeda.

  • Pertanian

          Implementasi Data Science membantu untuk mengelola dan mengendalikan hama, mengatasi perubahan cuaca, dan juga untuk memprediksi hasil produksi.

  • Perdagangan

          Implementasi Data Science membantu untuk peramalan gudang bantuan sosial atau sembako sehingga stok tidak berlebihan atau kekurangan.

  • Kesehatan

         Dalam bidang kesehatan, Implementasi data science juga dapat diterapkan. Misalnya untuk melihat gambaran persebaran penyakit tertentu pada suatu wilayah, mengetahui     jumlah kematian oleh penyakit tertentu di sebuah rumah sakit, dan lainnya. Bisa juga untuk dijadikan pedoman dalam penarikan kesimpulan dari hasil penelitian untuk mengetahui seberapa efektif dan efisiensi obat yang digunakan untuk penyembuhan penyakit dan meningkatkan pelayanan kesehatan

Untuk itu Sudah cukup terbukti bahwa Data Science sangat berperan bagi pemerintah. Dari memecahkan masalah kecil seperti meningkatkan efisiensi kinerja departemen sampai ke masalah yang besar seperti mengurangi dan mencegah kegiatan kriminal. Rakyat Indonesia pun sudah bisa merasakan dampak positif dalam kegiatan sehari-harinya. Ini hanya beberapa penerapan dengan teknologi yang ada saja. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa masyarakat-masyarakat akan mendapatkan dampak yang semakin positif.

Penulis: 
Sitti Aisyah Makiah | Prakom Mahir Biro Kesejahteraan Rakyat
Sumber: 
Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Artikel

06/04/2022 | Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
16/03/2022 | Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
16/03/2022 | Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
15/09/2021 | Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
06/06/2021 | Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
06/04/2022 | Sitti Aisyah Makiah | Prakom Mahir Biro Kesejahteraan Rakyat

ArtikelPer Kategori