Wakil Gubernur Harap Lansia di Bangka Belitung Tetap Sehat, Bugar dan Produktif

Mendo Barat – Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah berharap agar para lansia (lanjut usia) di Provinsi Bangka Belitung bisa sehat, bugar dan produktif. Dengan mengikuti pendidikan formal  Sekolah Lanjut Usia di Madam’s Dara Foundation para lansia bisa terbantu dalam mengatasi persoalan-persoalan agar tidak mengurungkan diri, tapi terlibat aktif dalam komunitas sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan lansia  itu sendiri.

“ Kami melihat kegiatan-kegiatan seperti ini sangat penting dan tulus dalam melakukan pembinaan  pada masyarakat, dan program Sekolah Lansia yang didirikan oleh Ibu Dara ini sangat bagus “, demikian diungkapkan Abdul Fatah, Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung saat memberikan sambutan pada peresmian Sekolah Lansia Madam’s Dara Foundation, di Desa Cengkong Abang, Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Kamis (15/10/2020).

Menurut Abdul Fatah, program pendidikan untuk lanjut usia yang sudah dilakukan oleh Sekolah Lansia Madam’s Dara Foundation ini sudah sesuai dan selaras oleh pemerintah.

“ sekolah lansia yang didirikan oleh Ibu Dara ini sudah sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yaitu melalui BKKBN “, ungkapnya

Lebih jauh Abdul Fatah juga menjelaskan bahwa program-program dalam mengelola dan membina penduduk Indonesia sudah dilakukan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasioanal (BKKBN) dengan tiga program.

“ yang pertama Bina Balita, kedua Bina Remaja, dan yang terakhir adalah Bina Lansia “, paparnya.

Menurut Abdul Fatah, usia lanjut atau lansia dianggap sebagai beban, tidak sedikit lansia yang diabaikan. Untuk itulah sekolah-sekolah formal dan informal jadi solusi agar lansia tidak merasa kesepian dan sendiri.

“ penting bagi lansia untuk mengikuti aktivitas komunitas untuk tetap aktif dan produktif untuk menghindari kesendirian dan kesepian di usia yang sudah lanjut “, jelasnya

Dijelaskan Abdul Fatah, bahwa lansia juga sangat membutuhkan informasi. Misalnya terkait penyakit yang diderita.

“ misalnya penyakit Hipertensi, Osteoporosis, kepikunan (Alzheimer). Penting bagi lansia untuk mengisi waktu dengan berbagai aktivitas untuk terlepas dari rasa kesendiriannya dan kesepiannya “, paparnya

Abdul Fatah juga menjelaskan bahwa materi pembelajaran  bagi lansia dengan berbagai tingkat bisa diikuti. Dari usia 65 sampai dengan seterusnya.  

“ materi pembelajaran tentang bagaimana menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar, hingga memanaje tingkat emosional. Inilah kondisi atau materi pembelajaran yang didapatkan para lansia pada waktu mengikuti sekolah lansia. Pembentukan jiwa agar tetap semangat dengan senam sehat dan pemeriksaan kesehatan serta asupan makanan “, jelasnya.

Disisi lain, dijelaskan Abdul Fatah bahwa program kegiatan ini juga akan didampingi oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“ hal-hal yang berkaitan dengan kemanusiaan, BAZNAS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan terus mendampinginya dengan memberikan bantuan-bantuan kepada para lansia “, tutupnya.

Sumber: 
Biro Kesejahteraan Rakyat
Penulis: 
Biro Kesejahteraan Rakyat

Berita

21/04/2021 | Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
09/04/2021 | Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
06/04/2021 | Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
10/02/2021 | Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Berita Berdasarkan Kategori