Laksmi Darmayanti Abdul Fatah Berikan Tips Bangun Keluarga Kuat dan Sehat

Muntok – Pentingnya kemandirian keluarga dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) mulai dari kandungan sampai usia 2 tahun. merupakan salah satu cara untuk melahirkan generasi yang sehat.

“ 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) ini merupakan salah satu cara untuk melahirkan generasi yang sehat, cerdas tentunya dan juga melengkapi gizi dan nutrisi bagi anak-anak kita “, demikian diungkapkan Laksmi Darmayanti Abdul Fatah, Ketua I Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, saat Kegiatan Sosialisasi dan Penyuluhan IVA Tes dan 1000 HPK di Desa Belo Laut Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kamis (01/10/2020).

Menurut Laksmi Darmayanti Abdul Fatah, bahwa pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dan IVA Tes bagi para perempuan.

“ Kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan pemberdayaan masyarakat. Terutama para perempuan, agar lebih peka terhadap upaya yang dapat meningkatkan kesejahteraan anak “, ungkapnya.

Laksmi Darmayanti Abdul Fatah juga mengungkapkan, pentingnya kesadaran para perempuan untuk menjaga kesehatan, khususnya kesehatan organ reproduksi.

“ pentingnya peran para ibu-ibu, pertama ibu-ibu muda juga untuk melakukan pengecekan atau pemeriksaan IVA atau IVA tes, karena hal ini berpengaruh kepada organ reproduksi perempuan yang sangat sensitive guna menghindari penyakit-penyakit bagi para perempuan seperti penyakit kanker mulut Rahim ataupun serviks yang saat ini menjadi salah satu penyakit yang menakutkan bagi kaum perempuan “, paparnya.

Kamsul, Koordinator Pokja Masyarakat PUSPA Serumpun Sebalai menambahkan,  bahwa pentingnya kemandirian keluarga dalam 1000 hari pertama kehidupan mulai dari kandungan sampai usia 2 tahun.

“ harus terpenuhinya gizi sang anak agar anak terhindar dari kondisi gagal tumbuh karena kekurangan gizi kronik “, jelasnya.

Disamping itu pentingnya pemeriksaan IVA bagi kaum ibu dijelaskan Kamsul, untuk mendeteksi dini kanker serviks karena dengan deteksi dini dapat dilakukan tindakan pencegahan terhadap kanker serviks.

“ dengan ibu-ibu yang sehat akan terwujud keluarga yang kuat dan sejahtera “, harapnya

Kegiatan PUSPA Serumpun Sebalai disinergikan dengan kegiatan Tim Penggerak PKK dibawah dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Berbasis Pangan Lokal bagi 60 balita dan 10 Ibu hamil/Menyusui sebanyak 24 kali.

Ini merupakan salah satu program sinergi antara Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan PUSPA Serumpun Sebalai yaitu partisipasi publik untuk kesejahteraan perempuan dan anak guna meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

 

 

Sumber: 
Biro Kesejahteraan Rakyat
Penulis: 
Biro Kesejahteraan Rakyat

Berita

21/04/2021 | Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
09/04/2021 | Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
06/04/2021 | Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
10/02/2021 | Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Berita Berdasarkan Kategori