SD Tunas Harapan Muntok Menjadi Contoh Teladan Sekolah Sehat

SD TUNAS HARAPAN MUNTOK MENJADI CONTOH TELADAN SEKOLAH SEHAT

Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (TP UKS) merupakan wadah dan program untuk meningkatkan kemampuan pola hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik di sekolah negeri maupun swasta yang dilakukan secara terpadu dan terkoordinasi oleh 4 (empat) Kementerian Terkait dari 4 Menteri, yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional, Menteri Kesehatan, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri. Tujuan dibentuknya TP UKS yang secara global adalah membina dan meningkatkan pola hidup sehat Rabu (11/5) bertolak ke Kabupaten Bangka Barat untuk penyerahan penghargaan berupa piagam, tropy dan uang pembinaan secara simbolis kepada pemenang Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2016 yang telah selesai dilombakan bulan Februari kemarin. TP UKS yang dalam hal ini adalah tim dari Biro Kesejahteraan Rakyat, Dinas Pendidikan, Kanwil Kementerian Agama dan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang disambut oleh Bagian Kesra, Dinas Kesehatan, Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Barat di Kantor Sekretariat TP UKS Kabupaten Bangka Barat yang berlokasi di Masjid Agung Muntok Bangka Barat.

Masih ditempat yang sama, dilaksanakan penyerahan penghargaan secara simbolis kepada dua pemenang yaitu SMA Negeri I Jebus sebagai juara ke-2 Tingkat SMA/SMK/MA dan TK Stania Muntok Kabupaten Bangka Barat sebagai Juara ke-2 Tingkat TK/RA. Penyerahan penghargaan ini diberikan oleh Kepala Bagian Pendidikan dan Tenaga Kerja Biro Kesra Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dwiana Retnowati dan Kepala Bidang Madrasah Kanwil Kementerian Agama, Hj. Armi Rosda kepada kepala sekolah pemenang. Dilanjutkan dengan monitoring sekaligus pembinaan ke sekretariat TP UKS Kabupaten Bangka Barat yang ada di Kantor Camat Muntok Bangka Barat mengingat semakin dekatnya Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional untuk pemenang tahun 2015 yaitu tanggal 18 sampai dengan 20 Mei 2016. Disambut langsung oleh Camat Muntok Bangka Barat, rombongan berdialog terkait dengan pentingnya kebersihan dan pola hidup sehat yang dapat memicu prestasi belajar peserta didik yang menjadi salah satu tolok ukur lomba TP UKS.

Dilanjutkan dengan monitoring dan pembinaan sekaligus penyerahan penghargaan ke SD Tunas Harapan Muntok Bangka Barat yang merupakan pemenang pertama Lomba Sekolah Sehat Tingkat SD/MI Tahun 2016. SD Tunas Harapan memenuhi semua kriteria untuk menjadi pemenang Lomba Sekolah Sehat. Sekretariat UKS yang bersih, nyaman dan memadai, WC yang bersih dan memenuhi standar kesehatan, sekolah yang asri dan hijau, kantin yang layak dan kegiatan pendukung sekolah yang mendukung. Pemenang pertama ini nantinya akan terus dibina untuk kemudian diikutkan pada Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2017. Pada kesempatan ini Dwiana Retnowati berharap pola perilaku sehat dan bersih yang diterapkan SD Tunas Harapan dapat terus berlanjut walaupun tanpa adanya Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional. “SD Tunas Harapan adalah sekolah yang patut menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya. Semoga kedepannya SD Tunas Harapan dapat menjadi lebih baik lagi karena sekolah yang sehat dapat menumbuhkan anak didik yang juga sehat dan cerdas,” imbuhnya.

Sumber: 
Humas Biro Kesra
Penulis: 
Rahmadini Rosalia
Fotografer: 
Rahmadini Rosalia
Editor: 
Aliyah Fitri