Partisipasi Provinsi Bangka Belitung Di Pawai Taaruf STQH Nasional Tahun 2019

PONTIANAK- Sutarmidji didampingi oleh Menteri Agama yang diwakili oleh Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin melepas pawai taaruf mobil hias yang merupakan rangkaian dari acara STQH Nasional Tahun 2019 di halaman kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Barat di Pontianak, pagi (29/6/2019).

Dari 34 provinsi yang mengikuti STQH nasional, 16 kafilah daerah ikut berpartisipasi dalam acara pawai taaruf mobil hias. Para peserta kegiatan ini adalah para kafilah STQH Nasional Tahun 2019 Pontianak, dan Provinsi Bangka Belitung diantara salah satu kafilah tersebut. Bersama kafilah lainnya, dengan mengusung no urut 3, kendaraan hias Provinsi Bangka Belitung melintasi rute yang telah ditentukan oleh panitia dan berakhir di Taman Alun Alun Sungai Kapuas.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyemarakkan dan memberitahukan kepada masyarakat Pontianak bahwa kegiatan ini ada walaupun secara promosi sudah cukup matang,” ujar Sutarmidji selaku Gubernur Provinsi Kalimantan Barat.

Sutarmidji juga menjelaskan bahwa pawai taaruf mobil hias menampilkan seni budaya yang bernafaskan islami dengan membawa visi misi masing-masing daerah yang berkarakteristik islami.

Selain perpaduan warna, bentuk dan ketinggian kendaraan hias merupakan penilaian dari juri. Mobil hias hendaknya bercirikan rumah adat ataupun masjid dari tiap daerah.