MTQ Nasional di Sumatera Barat 2020, Saimi Tegaskan Peserta Wajib Tes Swab

Pangkalpinang – Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke XXVIII 2020 yang akan dilaksanakan di Padang Sumatera Barat sudah semakin mendekati hari pelaksanaan di bulan November. Syarat yang terpenting untuk masuk ke wilayah tersebut yakni dibekali dengan keterangan hasil swab.

“ berdasarkan surat yang dikirimkan oleh Gubernur Sumatera Barat bahwa syarat untuk masuk ke Provinsi Sumatera Barat seluruh peserta kafillah harus membawa hasil swab “, demikian dikatakan Saimi, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat memberikan arahan pada kegiatan Rapat Koordinasi Lembaga Tilawatil Qur’an (LPTQ) se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Hotel Osela, Rabu (21/10/2020).

Lebih lanjut Saimi mengungkapkan untuk pelaksanaan swab bagi para peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional sudah difasilitasi oleh Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan berkoordinasi ke Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara kolektif dan tanpa biaya, yang rencana pelaksanaannya pada 9 November 2020 di Laboratorium Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“ kita yang akan menghadiri dan melaksanakan MTQ Nasional tanggal 12 - 21 November 2020 wajib ikut tes swab. Dan Biro Kesra sudah melakukan fasilitasi untuk pelaksanaan swab dengan bersurat kepada gubernur agar seluruh peserta bisa mengikuti swab secara kolektif dan tanpa biaya. Dan Alhamdulillah sudah dikabulkan dan dengan masa berlaku 14 hari “, jelasnya.

Menurut Saimi, terkait kegiatan rapat koordinasi ini bisa menjadi sarana untuk menyampaikan hal-hal dalam rangka persiapan-persiapan kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dan juga Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) pada tahun 2020 dan 2021.

“ Rakor ini bisa menjadi sarana untuk berdiskusi dan menyampaikan hal-hal persiapan MTQ Nasional 2020 dan STQ 2021, sedangkan hal-hal lain bisa juga dibahas secara details “, harapnya.

Lebih jauh Saimi juga mengungkapkan untuk persiapan-persiapan latihan sudah maksimal dilaksanakan dengan bimbingan pelatih nasional dan daerah yang difasilitasi oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hal senada juga disampaikan Fadlillah bahwa pelaksaan rapat koordinasi ini sebagai sarana untuk menyatukan persepsi terkait agenda Lembaga Pengembagan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2020 dan 2021, seperti pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ).

“ untuk MTQ Nasional 2020 peserta wajib tes swab, untuk kegiatan STQ 2021 disepakati  tuan rumah, agenda pelaksanaan, persiapan anggaran, dan lain-lain “, paparnya.

Menurut Fadlillah, kegiatan ini diikuti oleh sekitar 68 orang peserta dari seluruh pengurus LPTQ Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kabupaten Kota, dari Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bagian Kesejahteraan Rakyat Kabupaten/Kota dan Perwakilan Kementerian Agama Provinsi, Kabupaten/Kota.

“ tujuaannya agar peserta bisa terlibat langsung dalam pelaksanaan seluruh kegiatan LPTQ di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Masukan-masukan dari peserta bisa menghasilkan kesepakatan yang baik “, harapnya.

 

 

Sumber: 
Biro Kesejahteraan Rakyat
Penulis: 
Biro Kesejahteraan Rakyat