Mahasiswa UBB ikut MTQMN, Wagub dukung dengan menghadiri Pembukaan MTQ Mahasiswa Nasional

 

ACEH – Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), H.Abdul Fatah, di dampingi Kepala Biro Kesra Setda Bangka Belitung Asraf, dan Rektor UBB Ir.Muh.Yusuf M.Si, menghadiri pembukaan  Musabaqoh Tilawatil Quran Mahasiswa Tingkat Nasional (MTQMN) ke XVI Tahun 2019.

Kehadiran Wagub, sebagai bentuk dukungan terhadap beberapa mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) yang ikut menjadi peserta Musabaqoh Tilawatil Quran Mahasiswa Tingkat Nasional ke XVI Provinsi Aceh, yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan tersebut.

Kegiatan MTQMN  Ke XVI, di buka langsung oleh Dirjen Pembelajaraan dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikit) RI, Prof Dr Ismunandar, Minggu (28/7) malam, Kampus Universitas Syiah Kuala(Unsyiah) Darussalam,Provinsi Aceh.

Dengan tema Musabaqoh Tilawatil Quran Mahasiswa Tingkat Nasional (MTQMN) ke XVI, sebagai penguat Ukhuwah Islamiyah dalam Membentuk Generasi Muda Qur'ani, Menuju Indonesia Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur, di hadiri oleh Unsur Porkopimda Provinsi Aceh, Kepala Daerah Se-Indonesia, Pimpinan Perguruan Tinggi seluruh Indonesia dan seluruh peserta MTQMN Se- Indonesia dan 3 orang haflah Al Quran yaitu Prof. Said Agil Siraj Almunnawar, Anis Seggaf dan Agus Sabti.

Kegiatan ini dikhususkan bagi mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang ber agama islam, yang perhelatanya dilaksankan setiap 2 tahun sekali dan untuk tahun ini, berlangsung pada tanggal 28 Juli  sampai dengan 4 Agustus 2019.

Diawali padus dari mahasiswa Unsyiah dan pembacaan Al-quran, Dirjen Pembelajaraan dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikit) RI, Prof Dr Ismunandar dalam sambutanya mengatakan, kegiatan Musabaqoh Tilawatil Quran Mahasiswa Tingkat Nasional diharapkan dapat menjaga persaudaraan dan persatuan, karena persatuan itu kekuatan utama untuk memwujudkan Indonesia yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafûr.

 “sebagai umat muslim mari kita menjaga keutuhan, persaudaraan dan persatuan,”katanya.

Sebelumny, Rektor Unsyiah Prof.Dr.Ir.Samsul Rizal Meng mengatakan mengucapakan terima kasih kepada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikit) RI, Prof Dr Ismunandar yang menyempatkan hadir dan membuka kegiatan MTQMN.

Rektor Unsyiah Prof.Dr.Ir.Samsul Rizal juga mengucapakan terima kasih juga kepada seluruh peserta yang telah hadir dalam kegiatan tersebut, sebab kegiatan MOTMN  ini tentunya untuk menciptakan mahasiswa yang beriman dak bertakwa,taguh dan madiri serta terampil.

“sebagai tuan rumah,  saya mengucapkan terima kasih kepada panitia dan seluruh tamu undangan yang hadir,” katanya.

Pembukaan ditandai dengan penabuhan rebana oleh Dirjen Pembelajaraan dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikit) RI, Prof Dr Ismunandar, bersama Gubernur Aceh, Rektor Unsyiah dan Ketua DPRD Aceh sebagai dibukanya kegiatan MTQMN (Musabaqoh Tilawatil Quran Mahasiswa Tingkat Nasional) ke XVI. Kegiatan di akhiri dengan pagelaran Tarian Kolosal dari mahasiswa Unsyiah Aceh. (Aliyah/mislam)

Sumber: 
Biro Kesra
Penulis: 
Aliyah
Fotografer: 
Aliyah
Editor: 
mislam