Kegiatan Sajadah Fajar Harapkan Antusiame Masyarakat Untuk Subuh Berjamaah di Masjid

Manggar – Kegiatan Sajadah Fajar yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diharapkan bisa mengingkatkan antusiasme masyarakat di Bangka Belitung  untuk Shalat Subuh berjamaah sekaligus lebih memakmurkan masjid.

“  Sajadah Fajar merupakan kegiatan Pak Gubernur  Erzaldi Rosman dalam rangka untuk memotivasi mengajak masyarakat untuk shalat subuh berjamaah dan memakmurkan  masjid “, ungkap Saimi, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat menyampaikan sambutan pada Kegiatan Sajadah Fajar di Masjid Al Muhajirin Dusun Kurnia Manggar Kabupaten Belitung Timur, Jum’at (9/4/2021).

Saimi juga menambahkan selain Sajadah Fajar ada juga kegiatan Safari Jum’at yang biasanya dilaksanakan secara bergiliran dari desa ke desa di Bangka Belitung yang bertujuan untuk berinteraksi secara langsung dengan masyarakat dalam rangka menampung aspirasi.

“ masyarakat bisa menyampaikan seluruh aspirasi-aspirasi yang menjadi keluhan, dan kami akan menampungnya saat kegiatan Safari Jum’at terkait urusan kesejahteraan sosial “, katanya.

Lebih lanjut Saimi mengatakan bahwa setiap masjid, mushala, atau rumah ibadah lainnya bisa mengusulkan pengajuan proposal bantuan dalam rangka untuk perbaikan rumah ibadah tersebut.

“ Kami menganggarkan untuk memberikan bantuan masjid, mushala dan rumah ibadah lainnya. Dengan cara mengusulkan proposal kepada Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung “, jelasnya.

Saimi juga mengatakan walaupun kondisi masjid di Kabupaten Belitung Timur masih banyak yang belum direnovasi akan tetapi kebersihannya sangat terjaga dengan baik.

“ Saya perhatikan walaupun masjid-masjid disini kondisinya masih belum direnovasi akan tetapi sangat bersih dan terawat “, katanya.

Anak-anak SLTA dan Perguruan Tinggi yang kurang mampu, disampaikan Saimi bisa mengajukan proposal bantuan sosial pendidikan.

“ bagi masyarakat yang saat ini mempunyai anak-anak SLTA, sedang kuliah, dan kurang mampu bisa mengajukan bantuan pendidikan ke Biro Kesra Provinsi. Selain bantuan sosial pendidikan, bantuan sosial kesehatan juga disediakan bagi yang kurang mampu “, paparnya.

Ditambahkan Saimi bahwa sejak tahun 2020 Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelontorkan bantuan untuk mensejahterakan tokoh agama. Selain itu di tahun 2021, kesejahteraan pengurus masjid akan menjadi perhatian Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

“ Program untuk mensejahterakan tokoh agama sudah digelontorkan dengan memberikan bantuan Da’i Bina Umat (DBU) sejak tahun 2020. Dan tahun ini kesejahteraan pengurus masjidnya akan menjadi perhatian pak gubernur dengan memberikan BPJS Ketenagakerjaan yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara dan marbot. Semakin cepat data diusulkan semakin cepat diproses”, harap Saimi.

Sebelum menutup sambutan, Saimi mengatakan di setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh Biro Kesejahteraan Rakyat selalu membawa penceramah. Dengan memberikan tausiyah kepada masyarakat Insya Allah bisa memberikan ilmu yang  manfaat.

 

Sumber: 
Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Fotografer: 
Dani Arpian

Berita

06/10/2021 | Bagian Kesra Pelayanan Dasar Biro Kesra Setda
13/07/2021 | Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
21/04/2021 | Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
09/04/2021 | Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
06/04/2021 | Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Berita Berdasarkan Kategori