Biro Kesra Gelar Sosialisasi Penerima Dana Hibah ABT 2021

PANGKALPINANG - Dalam rangka pelaksanaan program bantuan dana hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Pemprov. Babel melalui Biro Kesejahteraan Rakyat  (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Babel menggelar Kegiatan Sosialisasi Penerima Dana Hibah Anggaran Belanja Tahunan (ABT) Perubahan Tahun Anggaran 2021 bagi Badan/Lembaga/Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) se-Babel.

Kegiatan Sosialisasi ini, dipusatkan di ruang pertemuan Pantai Tanjung Pesona, Lantai I Kantor Gubernur Babel, Rabu (6/10/2021) siang.

Dalam sambutannya, Kepala Biro Kesra, Saimi, mengatakan, sosialisasi dilakukan agar proses pemberian dana hibah ini, jangan sampai ada celah apapun.

"Artinya, ketika persyaratan sudah terpenuhi dan ketentuannya benar menurut Peraturan Gubernur, kami Biro Kesra, pastikan bapak atau ibu sekalian (penanggungjawab dana hibah-red) akan menerima bantuan dana hibah tersebut, berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Babel," ungkapnya.

Dikatakan Saimi, Kami dari Biro Kesra akan memproses proposal bantuan dana hibah yang bapak/ibu ajukan kepada Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, sesuai aturan.

“Gunakanlah dana hibah ini, semaksimal mungkin. Bagi yang mau bisnis jangan disini karena dana ini murni diperuntukkan bagi masyarakat. Belajar dari hal-hal kecil yang salah. Jadi, kita jangan jatuh ditempat yang sama," ujar Saimi.

Ia menambahkan, bagi bapak atau ibu yang telah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), harus benar-benar mengerti dan memahami seluruh dokumen yang tertuang dalam NPHD tersebut.

“Apa-apa yang telah disepakati dalam NPHD harus dipertanggungjawabkan. Dalam artian, Penanggungjawab dana hibah harus berani intervensi dan juga mengontrol teknis pelaksanaan kegiatan,” kata Saimi.

Diakhir arahannya, Saimi mengingatkan para penerima dana hibah ABT 2021, agar dalam proses membangun atau merenovasi, jangan menyimpang dari Rencana Anggaran Belanja (RAB).

“Intinya, uang negara yang kita terima, benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat, dan penggunaannya harus tepat sasaran, serta tentu saja harus ada laporan pertanggungjawaban keuangan atas dana hibah ini,” pungkas Saimi.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat Pelayanan Dasar Biro Kesra, Sulaiman mengatakan, bahwa prinsip cepat, tepat, dan akurat, harus ditekankan dalam melengkapi seluruh dokumen administrasi penerima dana hibah ABT Tahun Anggaran 2021 ini.

“Isi proposal dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) harus minta persetujuan dari tim teknis, dan tidak boleh menyimpang dari standar harga untuk belanja dan upah yang telah ditetapkan,” jelas Sulaiman.

Dihadapan peserta Sosialisasi, Sulaiman menuturkan, apabila ada kendala terkait RAB, segera koordinasikan dengan kami (Biro Kesra-red). Koordinasi lah ke koordinator wilayah (korwil) masing-masing penerima dana hibah di Bagian Sosial Biro Kesra Setda Babel," saran dia.

Sulaiman juga memaparkan tentang syarat-syarat administrasi yang harus dipenuhi atau dilengkapi para penanggungjawab penerima dana hibah ABT 2021.

"Saya minta penanggungjawab penerima dana hibah ini harus aktif dalam WhatsApp (WA) Group, karena semua informasi penting terkait hal teknis lainnya akan kami sampaikan melalui WA Group ini," terangnya.

“Minggu ini, kami minta pihak penerima dana hibah harus segera melengkapi berkas-berkas administrasi terkait proses pencairan dana hibah ini,” sambung Sulaiman.

Kegiatan Sosialisasi yang tetap mengedepankan Protokol Kesehatan Covid-19 ini, turut dihadiri sejumlah pengurus Yayasan/Lembaga/Ormas di Kota Pangkalpinang dan seluruh Kabupaten di wilayah Pulau Bangka.

Selain itu, turut hadir mendampingi Karo Kesra, Kepala Sub Bagian Sosial Biro Kesra, Firdaus dan sejumlah Pelaksana pada Bagian Kesra Pelayanan Dasar.

Sumber: 
Bagian Kesra Pelayanan Dasar Biro Kesra Setda
Penulis: 
Purnama
Fotografer: 
Purnama
Editor: 
Purnama

Berita

06/10/2021 | Bagian Kesra Pelayanan Dasar Biro Kesra Setda
13/07/2021 | Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
21/04/2021 | Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
09/04/2021 | Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
06/04/2021 | Biro Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Berita Berdasarkan Kategori