2000 Orang Memadati Arena Utama Pondok Pesantren Nurul Falah MTQ VII Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (27/5)

2000 Orang Memadati Arena Utama MTQ VII Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Perhelatan akbar penutupan even Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) VII Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hari ini Jumat, (27/5) mendapat sambutan meriah bukan hanya dari masyarakat Bangka Tengah saja, tapi juga masyarakat Bangka Belitung lainnya. Lebih dari 2000 orang memadati arena untuk menyaksikan secara langsung Penutupan MTQ VII Tingkat Provinsi yang bertempat di Pondok Pesantren Nurul Falah Air Mesu Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah.

Pada kesempatan ini Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, H. Rustam Effendi memberikan sambutannya sekaligus menutup secara resmi MTQ VII Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2016. Dilanjutkan dengan pengumuman secara resmi juara umum MTQ VII Tingkat Provinsi yaitu Kabupaten Bangka dengan menggondol 53 tropi dari 7 cabang yang dilombakan. Diikuti oleh Kabupaten Bangka Tengah, Belitung, Pangkalpinang, Bangka Barat, Bangka Selatan dan Belitung Timur. Tropi, sertifikat serta uang pembinaan dibagikan kepada semua pemenang sampai dengan juara harapan III.

Di kesempatan yang berbeda H. Padlillah, penanggungjawab kegiatan menyatakan bahwa banyak sekali peningkatan dalam hal peserta yang dilombakan. Pemenang yang telah diumumkan adalah peserta yang sangat berpotensi dan setidaknya mampu untuk masuk ke enam besar MTQ tingkat nasional yang akan datang. Harapan beliau agar pemenang-pemenang ini mendapat pembinaan secara intensif menjelang MTQ XXVI Tingkat Nasional di Mataram, Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat akhir Juli 2016 nanti. Lebih jauh H. Padlillah mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi atas suksesnya MTQ VII Tingkat Provinsi ini. Beliau juga menyampaikan pesan dari Bupati Bangka Tengah yang memberikan kesempatan bagi pemenang pertama semua cabang dan golongan untuk melanjutkan pendidikan sesuai dengan jenjangnya masing-masing dengan jalur beasiswa. “Alhamdulillah tidak ada kendala yang berarti selama kegiatan MTQ VII ini berlangsung”, tambahnya.

Sebagai tuan rumah, Bangka Tengah tergolong sukses menyelenggarakan MTQ Tingkat Provinsi. H. Rusli, dewan hakim bidang Qiraat menyatakan, “Penyelenggaraan MTQ di Bangka Tengah dapat digolongkan setara dengan penyelenggaraan MTQ Tingkat Nasional. Untuk kesalahan kecil dan bersifat teknis itu adalah biasa. Sebagai dewan hakim, secara keseluruhan saya puas dengan pelayanan yang diberikan Kabupaten Bangka Tengah”. Untuk potensi peserta, H. Rusli mengaku banyak sekali peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pemenang yang berhasil diperoleh adalah bibit unggul yang berkualitas dan tidak kalah bersaing dalam ajang kompetisi MTQ Tingkat Nasional yang akan datang. Tidak jauh berbeda dengan H. Rusli, H. Rahmat Hidayat, dewan hakim bidang lagu juga menyatakan puas dengan semua fasilitas dan pelayanan yang diberikan selama kegiatan ini berlangsung. Beliau juga optimis kafilah Bangka Belitung akan berjaya pada kancah MTQ Nasional Mataram Lombok, Nusa Tenggara Barat mendatang.

Ditutup dengan acara hiburan yang menampilkan Hadad Alwi beserta tim, kemeriahan jelang akhir even MTQ VII Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berlanjut hingga pukul 00.00 WIB.

Untuk evaluasi penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi selanjutnya, bertempat di rumah makan Gale-Gale Pangkalan Baru Jl. Raya Koba Jumat (27/5) pukul 08.00 WIB, seluruh dewan hakim, unsur LPTQ, Kementerian Agama serta unsur Kesra menggelar rapat yang mengupas serta mengevaluasi hal-hal yang harus diperbaiki pada MTQ VII Tingkat Provinsi tahun 2016 agar menjadi lebih baik lagi kedepannya, yaitu sistem penilaian peserta harus menggunakan sistem IT atau transparan, kriteria dewan hakim yang jelas, serta penetapan tuan rumah MTQ VIII Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2018 adalah Pangkalpinang.

 

Sumber: 
Humas Biro Kesra
Penulis: 
Rahmadini Rosalia
Editor: 
Aliyah Fitri

Berita

09/04/2018 | Biro Kesejahteraan Rakyat
19/03/2018 | Biro Kesra
16/03/2018 | WIHASTUTI,SH
15/03/2018 | WIHASTUTI,SH
13/03/2018 | Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kep. Babel

Berita Berdasarkan Kategori