Subscribe to Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung feed
Updated: 58 min 30 sec ago

Sekda Apresiasi Keberhasilan Pembangunan Sosial di Babel

Thu, 02/15/2018 - 17:28

PANGKALPINANG - Euforia kegembiraan tersirat di wajah 195 (seratus sembilan puluh lima) orang peserta yang terdiri dari Supervisor, Korteks (Koordinator TKSK), dan TKSK (Tenaga kesejahteraan Sosial kecamatan) dalam acara yang digelar oleh Direktrorat Jendral Fakir Miskin Perdesaan Kementerian Sosial RI dalam acara Bimbingan dan Pemantapan Pendamping Bantuan Sosial (Bansos) Pangan Wilayah I Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Jawa Barat, antara lain Kabupaten Bogor, Kabupaten Kerawang, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Kota Bekasi dan Kota Depok.

Pernah Menguasai 40 Persen Pangsa Pasar Dunia, Muntok White Pepper Ingin Bangkit Lagi

Thu, 02/15/2018 - 16:25

BOGOR – Produksi lada Bangka Belitung sempat menguasai 40 persen pangsa pasar dunia. Angka tersebut berdasarkan data International Pepper Community (IPC) tahun 2014. Kini, berbagai kebijakan terhadap sektor ini diharapkan dapat membangkitkan kejayaan lada.

Menurut Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman saat menyampaikan kuliah umum di Kampus Institute Pertanian Bogor, perkembunan lada dan produk turunannya masih sangat potensial untuk dikembangkan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Meningkatkan Daya Saing Pasar Lada, Gubernur Jalankan Penguatan Strategi Hilir

Thu, 02/15/2018 - 16:24

BOGOR – Penguatan strategi hilir menjadi salah satu kebijakan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman meningkatkan daya saing lada Bangka Belitung di pasaran internasional. Sejumlah strategi tersebut dipaparkan saat menyampaikan kuliah umum di Institute Pertanian Bogor, Kamis (15/2/2018).

“Kita melakukan pembentukan lada centre, melaksanakan sistem resi gudang syariah, membentuk koperasi lada berkah serta menciptakan hilirisasi produk lada,” kata Gubernur di hadapan sejumlah mahasiswa.

Dihadapan Ratusan Mahasiswa Gubernur Babel Beberkan Empat Permasalahan Lada, Yang Nomor 4 Gubernur Minta Segera Dioptimalkan

Thu, 02/15/2018 - 16:22

BOGOR - Pada tahun 2013, PDB yang diperoleh dari perdagangan lada adalah yang paling besar ke lima setelah kelapa sawit, karet, kopi, kakao dan kelapa, yaitu sebesar 342 juta USD atau 1,5 persen dari total PDB yang diperoleh dari subsektor perkebunan (Ditjenbun 2014).

Serius Memikirkan Nasib Petani Lada, Begini Empat Strategi Inovasi

Thu, 02/15/2018 - 16:20

BOGOR – Sedikitnya terdapat empat strategi inovasi Gubernur Kepualuan Bangka Belitung Erzaldi Rosman untuk meningkatkan daya saing lada. Sejumlah strategi tersebut di antaranya kebijakan di hulu, on farm, hilir dan strategi yang bersifat menunjang.

Gubernur menekankan, menyepakati serta menetapkan lada sebagai komoditi unggulan. Selain itu mendorong peran lembaga terkait dalam pengadaan sarana dan prasarana. Untuk melaksanakan strategi hulu ini, terdapat beberapa poin harus dilakukan.

Mempunyai Rasa Lebih Pedas, Muntok White Pepper Terkenal di Pasaran Internasional

Thu, 02/15/2018 - 16:18

BOGOR - Sekarang tak lagi susah mempromosikan hasil produksi perkebunan lada di Bangka Belitung. Pasalnya pasaran internasional sudah mengenal Muntok White Pepper sejak dulu. Kenapa? Karena rasa lada Bangka Belitung mempunyai rasa pedas yang khas.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan, komoditas lada putih dari Indonesia untuk pasar internasional sudah terkenal sejak dulu, yaitu lada putih Bangka. Untuk di tingkat pasar internasional lebih dikenal dengan sebutan Muntok White Pepper.

Lada Bangka Terkenal Sejak Dulu, Rasanya Pedas-pedas Gitu..

Thu, 02/15/2018 - 16:16

BOGOR - Komoditas lada putih dari Indonesia sudah terkenal dipasar internasional sejak dulu, yaitu Lada Putih Bangka (Muntok White Pepper). Muntok White Pepper menjadi brand image yang terkenal di perdagangan internasional, karena cita rasanya yang khas dengan rasa yang lebih pedas. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan penghasil dan pengekspor utama komoditi lada putih di Indonesia.

Gubernur Kuliah Umum di Depan Ratusan Mahasiswa IPB, Sampaikan Target Babel jadi Provinsi Lada

Thu, 02/15/2018 - 16:13

BOGOR – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menjelaskan komitmen Pemprov Bangka Belitung untuk mengembalikan kejayaan lada Babel. Gubernur juga mentargetkan Babel menjadi Provinsi Lada di Indonesia.

Program Babel mengembalikan kejayaan lada ini disampaikan Gubernur Babel Erzaldi saat memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), di Kampus IPB, Kamis (15/2/2018).

Pentas Seni Budaya Jaga Kelestarian Budaya Babel

Thu, 02/15/2018 - 15:26

PANGKALPINANG--Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disbudpar Babel) melalui Kepala Bidang Pengembangan Kebudayaan Zuardi mengatakan tentang pentingnya pementasan seni budaya demi melestarikan khasanah budaya lokal, khususnya warisan budaya Bangka Belitung. Menurutnya, dengan adanya pentas seni budaya dapat menjaga eksistensi kearifan lokal di zaman yang serba modern ini.

Pemprov Babel Sambut Baik Pelayanan Bus Perintis Oleh Perum Damri

Thu, 02/15/2018 - 14:50

PANGKALPINANG-- – Sepuluh unit bus perintis di Pangkalpinang dan empat bus perintis di Belitung pada  Kamis (15/2) sudah resmi di launching. Bus ini beroperasi dengan trayek baru yang selama ini belum dibuka seperti lima trayek di Bangka yaitu; Pangkalpinang – RSUD Prov Babel, Pangkalpinang – Sempan, Pangkalpinang – Sebagin, Pangkalpinang Beriga, Pangkalpinang Kundi. Dan dua trayek di Belitung yaitu; Selat Nasik – Tanjung Nyato, Tanjung Pandan – Kampit (via Sijuk).

Amanah Mendagri di Pundak Pecinta Sastra dan Pak Ustadz

Wed, 02/14/2018 - 20:37

PANGKALPINANG—Wajah kedua pria yang mengenakan stelan jas lengkap itu tampak sumringah. Senyum terus mengembang dan dengan ramah menerima uluran tangan orang-orang yang memberikan ucapan selamat. Maklum, kedua pria itu yakni Asyraf Suryadin baru saja diberi amanah menjabat sebagai Pjs Walikota Pangkalpinang dan Sahirman Jumli sebagai Pjs Bupati Belitung.

Pemprov Babel Imbau Perusahaan Laksanakan PKBL Sesuai Peraturan

Wed, 02/14/2018 - 15:32

PANGKALANBARU --– Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan ucapan terimakasih atas yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura II Bangka Belitung  yang telah membangun sarana dan fasilitas umum bagi masyarakat Bangka Tengah. apalagi adanya keterbatasan APBD provinsi maupun kabupaten/kota untuk pembiayaan pembangunan.

Dengan Dana CSR, Angkasa Pura II Bantu Masyarakat Bangka Tengah

Wed, 02/14/2018 - 14:15

PANGKALANBARU – Sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab PT Angkasa Pura terhadap masyarakat, maka  dengan dana Corporate Social Responsibility (CSR) turut memberikan berbagai sumbangsih bagi masyarakat.

Beberapa hal yang dilakukan oleh Angkasa Pura II seperti pembangunan taman wifi di Kecamatan Pangkalanbaru, Taman Lalu lintas Polsek, pembangunan ruang kelas TK Theresia Desa Jeruk, pembangunan ruang kelas TK Al-iman desa Beluluk, dan pembangunan toilet sekolah SMPN 1 Kota Pangkalpinang.

Jelang Pilkada, Seminar Kebangsaan Mengenai Ujaran Kebencian Digelar

Wed, 02/14/2018 - 13:11

PANGKALPINANG--Menjelang pilkada serentak yang melibatkan 171 daerah di seluruh Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran  Kapolri SE/6/X/2015 mengenai penanganan Ujaran Kebencian, dimana hal ini dilatar belakangi oleh kejadian beberapa kasus di Tanah Air seperti pembakaran masjid di Tolikara Papua, perusakan gereja di Singkil Aceh,   kekerasan anti Syiah di Sampang Madura, dan sejumlah kasus lainya yang melibatkan isu SARA.

Pemprov Babel Fasilitasi Kerja Sama PT di Babel dengan PT Malaysia

Tue, 02/13/2018 - 22:21

PANGKALPINANG-- – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan rapat pembahasan Memorandum of Understanding dan Persiapan Letter of Intent, dimana rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ahmad Yani Kabag Administrasi Perekonomian dari Biro Perekonomian  Babel.

Cegah Masalah Gizi Pada Anak Sekolah di Daerah Terpencil, Pemprov Gelontorkan Program Bantuan PMT-AS

Tue, 02/13/2018 - 18:39

PANGKALPINANG-- - Berbagai upaya untuk mencegah dan mengentaskan masalah kesehatan khususnya terkait dengan penyediaan kecukupan asupan gizi bagi anak-anak yang tinggal di daerah terpencil terus dilakukan oleh pemerintah.    Pemberian program bantuan bantuan penyediaan makanan tambahan anak sekolah (PMT-AS) dengan sasaran siswa sekolah dasar yang berada di daerah terpencil merupakan salah satu bentuk program yang digelontorkan oleh pemerintah provinsi secara berkelanjutan guna memberikan kecukupan asupan gizi pada anak-anak.

Erzaldi Minta Aset BBIS Pemali Bermanfaat untuk Masyarakat

Tue, 02/13/2018 - 14:58

BANGKA-- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman minta aset Balai Benih Ikan Sentral (BBIS) Pemali Bangka harus tetap bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Bangka Belitung, Padli saat mendampingi Staf Khusus Gubernur Babel Bambang Ari Satria mengunjungi Balai Benih Ikan Sentral Pemali pada Selasa (13/2).

Gubernur Erzaldi Natak Kampung ke Kawasan Mapur

Tue, 02/13/2018 - 14:25

BANGKA-- Berbagai cara dilakukan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman membangkitkan kejayaan lada di Negeri Serumpun Sebalai. Kini masyarakat bisa datang ke UPT Pertanian Pelempang untuk belajar mengenai cara menanam lada yang baik.

Menurut Erzaldi, mulai Maret nanti setiap hari masyarakat dapat mendatangi UPT Pertanian Pelempang. Masyarakat bisa mendapatkan pelatihan mengenai cara mengelola perkebunan yang baik dan benar. Pemprov akan menjemput masyarakat yang ingin mendapatkan ilmu namun jumlah masyarakat minimal 25 orang.

Gubernur Minta OPD Sinkronkan Kegiatan

Tue, 02/13/2018 - 13:57

PANGKALPINANG--Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menegaskan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mensinkronisasikan kegiatan guna menunjang program prioritas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Gubernur Apresiasi Kemandirian Masyarakat Membangun Kesehatan

Tue, 02/13/2018 - 13:45

PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung sangat mengapresiasi peran masyarakat dalam pembangunan kesehatan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto saat mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung membuka launching Apotek dan Praktik Dokter Bersama “Ahmad Dahlan” di Jalan Ahmad Yani Kota Pangkalpinang.

Pages